Subjek Hukum

subjek hukum

A.Balita

Berlakunya seorang manusia sebagai pembawa hak(subyek hukum) ialah mulai saat ia dilahirkan dan berakhir pada saat ia meninggal dunia.Hal itu diatur dalam KUHS pasal 2 ayat 1 :”Anak yang ada didalam kandungan seorang perempuan dianggap sebagai telah dilahirkan,apabila kepentingan si anak menghendakinya.”  balita pun sudah dianggap sebagai subyek hukum. Manusia dianggap sebagai hak mulai ia dilahirkan sampai dengan ia meninggal dunia. Bahkan bayi yang masih berada dalam kandungan pun bisa dianggap sebagai subyek hukum terdapat urusan atau kepentingan yang menghendakinya.

Ketika lahir sampai pada waktu balita anak mengalami tahap pembelajaran yang terus berkembang mulai dari ia belajar untuk bicara,merangkak,berdiri,berjalan pelan-pelan sampai akhirnya dapat lari dengan cepat.Anak balita dalam menangkap sesuatu hal yang baru lebih cepat dari anak dewasa.Dalam belajar sesuatu hal anak balita tidak mengenal putus asa yang mereka tahu,mereka ingin mncapai sesuatu hal yang baru ia dapat misalnya dalam belajar berjalan,meskipun jatuh ia terus berusaha sampai ia bisa.

B.Anak-anak

Berbicara tentang Anak saat ini seperti tidak ada habis-habisnya, malah saya rasa semakin menarik karena di balik itu semua terdapat fakta-fakta menarik tentang permasalahan anak.

Secara umum dikatakan anak adalah seorang yang dilahirkan dari perkawinan antar seorang perempuan dengan seorang laki-laki dengan tidak menyangkut bahwa seseorang yang dilahirkan oleh wanita meskipun tidak pernah melakukan pernikahan tetap dikatakan anak

Anak juga merupakan cikal bakal lahirnya suatu generasi baru yang merupakan penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber daya manusia bagi pembangunan Nasional.Anak adalah asset bangsa.Masa depan bangsa dan Negara dimasa yang akan datang berada ditangan anak sekarang.Semakin baik keperibadian anak sekarang maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa.Begitu pula sebaliknya, Apabila keperibadian anak tersebut buruk maka akan bobrok pula kehidupan bangsa yang akan datang.

Pada umumnya orang berpendapat bahwa masa kanak-kanak merupakan masa yang panjang dalam rentang kehidupan.Bagi kehidupan anak, masa kanak-kanak seringkali dianggap tidak ada akhirnya, sehingga mereka tidak sabar menunggu saat yang didambakan yaitu pengakuan dari masyarakat bahwa mreka bukan lagi anak-ank tapi orang dewasa. Manusia berkembang melalui beberapa tahapan yang berlangsung secara berurutan, terus menerus dan dalam tempo perkembangan yang tertentu.

C.Remaja

Masa remaja adalah masa pergantian dari masa anak-anak menuju masa dewasa yang mengalami perkembangan dalam segala aspek.Pada saat remaja biasanya anak-anak yang mulai memasuki masa ini dihadapkan pada masalah-masalah yang harus mereka hadapi sendiri.Pada masa remaja anak-anak terus mencoba menemukan sesuatu hal yang mereka belum mereka ketahui dan berusaha untuk memahami sesuatu tersebut.Mereka juga memiliki tingkat emosi yang tinggi karena pada saat remaja mereka cenderung belum bisa mengkontrol diri mereka sendiri.

Namun,banyak juga para remaja yang sudah mulai mengerti tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan sehingga mereka bisa menjaga diri mereka.Remaja yang seperti mampu mengontrol emosi mereka dan dalam menyelesaikan masalah mereka menggunakan pikiran yang jernih.Pada masa remaja anak sering menghadapi berbagai persoalan misalnya,ikut dalam tawuran,melawan perintah orang tua dan lain-lain.

D. Perkawinan

Seseorang yang sudah dewasa menurut undang-undang,ada kemungkinan untuk ingin menikah dengan seseorang yang ia cintai.Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga(rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Syahnya perkawinan itu kalau memenuhi syarat pasal 2 :

Ayat 1 : perkawinanan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya.

Ayat 2 : tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ayat 3 : menunjukkan bahwa perkawinanan di indonesia tidak semata-mata berkenaan       dengan hanya hubungan kepadatan kodrati pribadi.

Suatu perkawinan bukan merupakan  bidang hukum perikatan,melainkan hukum keluarga.Sesaat setelah suatu perkawinan berlangsung,kedua belah pihak mengalami perubahan kedudukan.

E.Keluarga

Dalam keluarga membahas masalah yaitu keturunan,kekuasaan orang tua,perwalian,pendewasaan,pengampuan,dan perkawinanan.Dalam keluarga juga sering mengalami konflik-konflik yang cukup rumit.Misalnya,perbedaan pendapat antar keduanya,uang untuk belanja yang sedikit dan lain-lain.

Dalam sebuah keluarga seseorang berhak untuk melanjutkan keturunan,memiliki seorang anak.Namun dismping itu kita juga dtuntut untuk siap dalam mengurus anak tersebut,karena banyak saat ini orng tua yang kurang memperhatikan anak-anak mereka.Hal ini memacu kita untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan.karena jika anak terlantar orang pertama yang disalahkan adalah keluarga.

F. Kematian

Kematian adalah hal yang sangat rahasia, tidak ada seorang pun yang mengetahui tentang datangnya kematian. Seorang yang meninggal, biasanya ia meninggalkan harta kekayaan meskipun tidak banyak. Menrut undang –undang pewarisan ialah pembagian warisan kepada orang-orang yang mempunyai hubungan darahyang terdekat dengan si pewaris.Pada pewarisan menurut undng-undang terdapat pengisian tempat artinya apabila ahli waris yang berhak langsung menerima warisan,telah mendahului meninggal dunia atau karena sesuatu hal dinyatakan tidak patut menjadi ahli waris.

Pewarisan berwasiat yaitu pembagian warisan kepada orang-orang yang berhak menerima warisan atas kehendak terakhir(wasiat)si pewaris.Wasiat itu harus dinyatakan dalam bentuk tulisan misalnya dalam akte notaris.

Sumber : http://belajarberbagi bersamaberbagi.blogspot.com/2012/10/pengertian-subjek-hukum-subjek-hukum.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s